Satuan Pendidikan : SMA Negeri ....................
Kelas / Semester : XI / 4
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Topik : Rasul-rasul itu kekasih Allah swt
Materi Pokok : Makna keyakinan kepada Rasul-rasul Allah SWT.
Alokasi Waktu : 2 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan
A. Kompetensi Inti :
KI 1 | : | Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya |
KI 2 | : | Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan memperlihatkan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia |
KI 3 | : | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah |
KI 4 | : | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan |
.
B. Kompetensi Dasar :
1.2. Menghayati nilai-nilai keimanan kepada rasul-rasul Allah Swt.
3.4 Memahami makna keyakinan kepada rasul-rasul Allah Swt.
4.6 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mampu menghayati nilai-nilai keimanan kepada rasul-rasul Allah Swt.
2. Mampu memahami makna keyakinan kepada rasul-rasul Allah Swt.
3. Mampu menjelaskan kandungan dalil naqli wacana keyakinan kepada rasul-rasul Allah swt,
4. Dapat berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. Dalam kehidupan sehari-hari.
D. Materi Pembelajaran :
Iman kepada Rasul-rasul Allah swt .
- Materi Fakta (sesuatu yang sanggup diindera)
Iman kepada Rasul-rasul Allah swt
- Materi Konsep (gabungan antar fakta yang saling berhubungan)
a. Pengertian Iman kepada Rasul-rasul Allah swt.
b. Dalil naqli wacana Iman kepada Rasul-rasul Allah swt
c. Sikap Mengimani Rasul Allah;
- Materi Prinsip (generalisasi hubungan antar konsep-konsep yang berkaitan: hukum, teori, azas)
a. Hikmah apa yang diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah swt
b. Menampilkan sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah sebagai refleksi dari keyakinan kepada Rasul-rasul Allah swt
- Materi Prosedur (sederetan langkah yang sistematis dalam menerapkan prinsip)
a. Penghayatan Iman kepada Rasul Allah swt
b. cara mengimani Rasul-rasul Allah swt
E. Kegiatan Pembelajaran:
1. Pertemuan Pertama : 3 JP
Langkah Pembelajaran | Sintak Model Pembelajaran | Deskripsi | Alokasi waktu |
Kegiatan Pendahuluan | Langkah-Langkah : | · Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a, · Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, daerah duduk, dan perlengkapan lainnya), · Guru mengajak penerima didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan), · Guru memberikan klarifikasi wacana tujuan pembelajaran yang akan dicapai, · Guru melaksanakan appersepsi (sejauh mana penerima didik memahami hubungan pelajaran yang kemudian dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan), · Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman penerima didik terhadap materi yang akan diajarkan. · Guru memberi motivasi penerima didik | 25 menit |
Kegiatan Inti | Discovery Based Learning | · Mengamati - Mencermati teks bacaan wacana ketentuan beriman kepada Rasul-rasul Allah SWTsecara individu maupun kelompok. · Menanya - Mengajukan pertanyaan, contohnya wacana makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?, pesan tersirat apa yang diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT ?, bagaimana sikap kita terhadap keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT? Bagaimana cara mengimani Rasul-rasul Allah swt? · Eksperimen/Eksplore - Diskusi wacana makna bagaimana cara mengimani Rasul-rasul Allah SWT? dalam persfektif Islam, - Diskusi wacana cara beriman terhadap Rasul-rasul Allah SWT? - Menganalisa pesan tersirat beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT? · Assosiasi - Menyimpulkan makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT? - Menyimpulkanhikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT? · Komunikasi - Menyajikan/melaporkan hasil diskusi wacana tentang makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?, serta hikmahnya. - Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah). - Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru. · Refleksi - Menampilkan sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah sebagai refleksi dari keyakinan kepada Rasul-rasul Allah SWT? - Menunjukkan sikap ketauladanan sebagai cerminan penghayatan terhadap keyakinan kepada Rasul-rasul Allah SWT? | 95 menit |
Penutup | | · Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai materi masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya; · Merencanakan aktivitas tindak lanjut dengan memperlihatkan kiprah baik cara individu maupun kelompok bagi penerima didik yang menguasai materi; · Guru memberikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 25 menit |
2. Pertemuan kedua : 3 JP
Langkah Pembelajaran | Sintak Model Pembelajaran | Deskripsi | Alokasi waktu |
Kegiatan Pendahuluan | Langkah-Langkah : | · Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a, · Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, daerah duduk, dan perlengkapan lainnya), · Guru mengajak penerima didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan), · Guru memberikan klarifikasi wacana tujuan pembelajaran yang akan dicapai, · Guru melaksanakan appersepsi (sejauh mana penerima didik memahami hubungan pelajaran yang kemudian dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan), · Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman penerima didik terhadap materi yang akan diajarkan. · Guru memberi motivasi penerima didik | 25 menit |
Kegiatan Inti | Discovery Based Learning | Mengamati · Guru menyimak bacaan siswa wacana dalil naqli wacana keyakinan kepada rasul-rasul Allah swt. · Guru mengamati sikap perilaku yang mencerminkan keyakinan kepada rasul-rasul Allah swt Mengkomunikasikan: · Menyajikan/melaporkan hasil diskusi wacana dalil naqli beriman kepada Rasul-rasul Allah SWTMenanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah). · Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru. - Refleksi · Menampilkan sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah sebagai refleksi dari keyakinan kepada Rasul-rasul Allah SWT? · Menunjukkan sikap ketauladanan sebagai cerminan penghayatan terhadap keyakinan kepada Rasul-rasul Allah SWT? | 95 menit |
Penutup | | · Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai materi masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya; · Merencanakan aktivitas tindak lanjut dengan memperlihatkan kiprah baik cara individu maupun kelompok bagi penerima didik yang menguasai materi; · Guru memberikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.Mengucapkan salam | 25 menit |
F. Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan :
Download Perangkat PAI Kelas XI Kurikulum 2013 Lengkap :
Advertisement