Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 SD, Tema 6 Sub Tema 1 Aku dan Cita-citaku - Selamat tiba kepada bapak ibu guru yang sedang mencari rpp perihal Tema 6 Sub Tema 1 Aku dan Cita-citaku. Silahkan didownload dan biar bermanfaat
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : 6. Cita-citaku
Sub Tema : 1. Aku dan Cita-citaku
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara mulut dan tulis dengan
tujuan untuk kesenangan.
4.6 Melisankan puisi hasil karya langsung dengan lafal, intonasi, dan ekspresi
yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri.
Muatan : IPA
No Kompetensi Dasar
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta
mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
4.2 Membuat denah siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di
lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
C. TUJUAN
1. Melalui aktivitas mengamati dan berdiskusi, siswa bisa mengidentifikasikan ciri-
ciri puisi dengan benar.
2. Melalui aktivitas menciptakan kesimpulan, siswa sanggup menyajikan hasil pengamatan
perihal ciri-ciri puisi secara terperinci.
3. Melalui aktivitas melaksanakan pengamatan, siswa bisa mengidentifikasi siklus
makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4. Melalui aktivitas menyusun gambar tahapan pertumbuhan binatang dan tumbuhan,
siswa bisa menciptakan denah siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan
benar.
D. MATERI
1. Ciri-ciri puisi
2. Siklus makhluk hidup
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Pembukaan 1. Guru memperlihatkan salam
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh
salah seorang siswa. Siswa yang diminta
membaca do’a yaitu siswa siswa yang hari ini
tiba paling awal. (Menghargai kedisiplikan
siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan
sikap disiplin setiap dikala dan menfaatnya bagi
tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu
nasional lainnya. Guru memperlihatkan penguatan
perihal pentingnya menanamkan semangat
Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan
guru menceritakan perihal kisah masa kecil
salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan,
makanan/minuman sehat , dongeng wangsit dan
10 menit
motivasi . Sebelum membacakan buku guru
menjelaskan tujuan aktivitas literasi dan
mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-
pertanyaan berikut:
Apa yang tergambar pada sampul buku.
Apa judul buku
Kira-kira ini menceritakan perihal apa
Pernahkan kau membaca judul buku
ibarat ini
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013 REVISI 2017
TEMA 6. CITA-CITAKU
SUBTEMA 1. AKU DAN CITA-CITAKU
Nama Sekolah : SD Negeri ...................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 2 (Dua)
Nama Guru : ..........................................
NIP : .......................................................
UPT. PENDIDIKAN KECAMATAN CIPATAT
DINAS PENDIDIKAN
PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG BARAT
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : 6. Cita-citaku
Sub Tema : 1. Aku dan Cita-citaku
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara mulut dan tulis dengan
tujuan untuk kesenangan.
4.6 Melisankan puisi hasil karya langsung dengan lafal, intonasi, dan ekspresi
yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri.
Muatan : IPA
No Kompetensi Dasar
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta
mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
4.2 Membuat denah siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di
lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
C. TUJUAN
1. Melalui aktivitas mengamati dan berdiskusi, siswa bisa mengidentifikasikan ciri-
ciri puisi dengan benar.
2. Melalui aktivitas menciptakan kesimpulan, siswa sanggup menyajikan hasil pengamatan
perihal ciri-ciri puisi secara terperinci.
3. Melalui aktivitas melaksanakan pengamatan, siswa bisa mengidentifikasi siklus
makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4. Melalui aktivitas menyusun gambar tahapan pertumbuhan binatang dan tumbuhan,
siswa bisa menciptakan denah siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan
benar.
D. MATERI
1. Ciri-ciri puisi
2. Siklus makhluk hidup
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Pembukaan 1. Guru memperlihatkan salam
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh
salah seorang siswa. Siswa yang diminta
membaca do’a yaitu siswa siswa yang hari ini
tiba paling awal. (Menghargai kedisiplikan
siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan
sikap disiplin setiap dikala dan menfaatnya bagi
tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu
nasional lainnya. Guru memperlihatkan penguatan
perihal pentingnya menanamkan semangat
Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan
guru menceritakan perihal kisah masa kecil
salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan,
makanan/minuman sehat , dongeng wangsit dan
10 menit
motivasi . Sebelum membacakan buku guru
menjelaskan tujuan aktivitas literasi dan
mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-
pertanyaan berikut:
Apa yang tergambar pada sampul buku.
Apa judul buku
Kira-kira ini menceritakan perihal apa
Pernahkan kau membaca judul buku
ibarat ini
Silahkan didownload Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 SD, Tema 6 Sub Tema 1 Aku dan Cita-citaku selengkapnya berikut ini :
Download Disini
Advertisement